Pendidikan

Jenis-Jenis Baterai Primer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Baterai Primer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Barnswallowbabies – Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Semua peralatan saat ini sudah berpindah ke era yang lebih modern, bahkan kendaraan identik bertenaga fosil pun akan tergantikan oleh kendaraan listrik, meski secara bertahap tentunya. Oleh karena itu, baterai sebagai penyimpan energi listrik memegang peranan penting di sini.

Apa itu baterai? Jadi, baterai adalah sekumpulan satu atau lebih sel yang dapat menyimpan energi listrik untuk digunakan untuk menggerakkan peralatan atau perlengkapan listrik. Baterai pertama kali ditemukan pada tahun 1799 oleh fisikawan Italia Alessandro Volta. Sejak itu, teknologi baterai terus berkembang.

Cara Kerja Baterai

Reaksi kimia menciptakan aliran elektron dalam suatu sirkuit. Energi kimia yang tersimpan kemudian diubah menjadi energi listrik arus searah. Setiap baterai memiliki kapasitas, yang merupakan ukuran muatan baterai. Itu diukur dalam miliampere-jam (mAh) atau ampere-jam (aH).

Sel dan Baterai

Sel baterai adalah bagian utama dari baterai untuk menyimpan energi listrik. Sel memiliki tiga komponen utama, dua elektroda dan elektrolit. Terdapat dua elektroda yaitu anoda sebagai elektroda negatif sedangkan katoda sebagai elektroda positif.

Ketika anoda kehilangan elektron ke sirkuit eksternal, itu menyebabkan oksidasi. Ini disebut elektroda pereduksi. Di sisi lain, setelah katoda menerima elektron dari sirkuit internal, itu berkurang. Ini disebut elektroda pengoksidasi.

Elemen ketiga adalah elektrolit. Ini bertindak sebagai media untuk mentransfer muatan dalam bentuk ion antara dua elektroda. Elektrolit tidak konduktif secara elektrik, tetapi konduktif secara ionik. Ini sering disebut konduktor ionik.

Jenis Baterai Primer

Di bawah ini adalah jenis baterai utama yang sering atau biasa digunakan.

1. Baterai Lithium

Baterai lithium adalah salah satu jenis baterai yang paling banyak digunakan. Baterai litium menawarkan kerapatan energi tertinggi dari semua sel baterai, yang berarti baterai ini dapat menyimpan lebih banyak energi daripada baterai lain, seperti baterai alkalin. Baterai litium hanya dijual dalam ukuran AA, AAA, dan 9V. Namun, peringkat mAh baterai lithium melebihi baterai non-isi ulang lainnya. Baterai lithium AA berkisar dari 2700 hingga 3400 mAh dan akan bertahan lama bahkan dalam penggunaan berat.

Kelebihan:

  • Ringan untuk perangkat portabel.
  • Tahan hingga 4 kali lebih lama dibandingkan jenis baterai lainnya.
  • Ideal untuk penggunaan intensif.
  • Ini bekerja dengan baik bahkan dalam suhu ekstrim.
  • Kehidupan pelayanan adalah 10-12 tahun.
  • Ideal untuk digunakan dalam perlengkapan darurat karena baterai tidak akan bocor atau meledak.

Kekurangan:

  • Jauh lebih mahal daripada jenis baterai lainnya.
  • Sangat mudah terbakar
  • Membutuhkan penghapusan khusus di beberapa tempat (tidak dapat dihapus tanpa perawatan).
  • Jarang tersedia dalam ukuran baterai yang lebih besar, seperti C atau D.

2. Baterai Alkaline

Baterai alkaline adalah baterai yang murah dan sangat populer. Baterai alkaline biasanya memiliki kapasitas lebih dari 2500 mAh, yang ideal untuk perangkat dengan penggunaan sedang hingga berat. Tidak seperti baterai litium, hampir semua baterai ukuran standar menawarkan konstruksi alkalin, yang menjadikannya sempurna untuk sebagian besar perangkat elektronik.

Kelebihan:

  • Harga ekonomis.
  • Bertahan lebih lama berkat konstruksi kalium hidroksida.
  • Kehidupan pelayanan adalah 5 sampai 10 tahun.
  • Ini bekerja dengan baik bahkan dalam suhu ekstrim.
  • Bebas timbal, merkuri, dan kadmium, sehingga baik untuk lingkungan.

Kekurangan:

  • Berat dan besar, tidak ada tekanan ekstra.
  • Ini mungkin tidak berfungsi dengan baik pada perangkat penguras tinggi.
  • Terkadang bocor, membuat perangkat tidak dapat digunakan.

Sumber:

Kelas PLC

Penjelasan Seputar Pendidikan Sosial dan Sosiologi

Penjelasan Seputar Pendidikan Sosial dan Sosiologi

Barnswallowbabies – Kata sosiologi berasal dari bahasa latin societes yang berarti masyarakat. Kata masyarakat berasal dari kata socius yang berarti teman, kemudian kata social berarti hubungan antara manusia dengan manusia lainnya dengan cara yang berbeda-beda.

Sementara Drs. Sidi Gazalba dalam bukunya Pengantar Sosiologi dan Sosiografi Masyarakat Islam, menjelaskan bahwa sosial adalah pergaulan hidup. Istilah ini berkaitan dengan pergaulan dan hubungan manusia dan kehidupan kelompok manusia, terutama dalam kehidupan manusia biasa, juga menyangkut pemeliharaan hubungan yang teratur antara satu orang dengan orang lain.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sosial adalah tatanan kehidupan yang berupa aturan-aturan antara hubungan manusia dengan manusia lain, manusia dengan lingkungan alamnya, manusia dengan Tuhannya, yang merupakan tatanan atau hubungan vertikal dan horizontal.

Dalam hal ini para ahli pendidikan sosial mendefinisikan pengertian pendidikan sosial, yaitu:

Pendidikan sosial adalah upaya mempengaruhi dan mengembangkan sikap sosial, dan pengertian semacam ini dianalogikan dengan pendidikan jasmani, pendidikan agama, pendidikan etika, dan pendidikan intelektual.

Mendidik adalah membimbing seluruh kekuatan kodrat yang ada pada diri anak agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat mencapai keamanan dan kebahagiaan yang sebesar-besarnya.

Sesuai amanat pemerintah terhadap konsep pendidikan, pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan watak dan keterampilan di dalam dan di luar sekolah yang berlangsung seumur hidup. Dengan demikian, pendidikan merupakan upaya yang dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan untuk mendewasakan mental orang lain agar dapat menjalani hidup dengan rasa optimis.

Masalah sosial mencakup pengertian yang luas karena tidak hanya mencakup masalah sosial tetapi juga masalah yang berkaitan dengan gejala abnormal dalam kehidupan masyarakat, baik anak-anak, remaja maupun orang tua.

Dalam pengertian umum kata sosial sering diartikan sebagai sifat orang tua yang tidak mementingkan diri sendiri membantu orang lain. Orang yang suka berdonasi disebut orang sosial. Namun bukan itu yang dimaksud dengan sosial dalam pembahasan ini.

Secara etimologis, kata “sosial” berasal dari bahasa latin “socius” yang berarti teman atau kawan. Dalam ilmu-ilmu sosial, kata sosial sering disamakan dengan masyarakat. Jadi jika Anda mengatakan manusia adalah makhluk sosial,

Pendidikan sosial adalah proses mensosialisasikan anak, artinya akan mengarahkan kegiatannya kepada sosialisasi anak di lingkungan sosialnya.

Pendidikan sosial adalah suatu proses yang sengaja dibudayakan dalam masyarakat untuk mendidik (atau mendorong, membimbing, membangun) individu-individu dalam lingkungan sosial dan alamnya sehingga mereka secara bebas dan bertanggung jawab menjadi mesin perubahan dan kemajuan.

Dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli, penulis dapat menyimpulkan bahwa pendidikan sosial adalah upaya untuk mengembangkan pada diri anak sikap sosial yang baik yang meliputi sikap religius, etis dan intelektual, sehingga mereka dapat menjadi individu yang bertanggung jawab di lingkungan sosialnya. memenuhi fungsinya sebagai makhluk sosial yang dapat menampilkan diri dengan pergaulan yang baik di masyarakat.

Sumber:

www.kelaselektronika.com

Pengertian Instrusi dan Ekstrusi

Pengertian Instrusi dan Ekstrusi

Barnswallowbabies – Dalam geologi, intrusi adalah batuan beku yang mengkristal dari magma cair di bawah permukaan bumi. Magma yang membeku di bawah tanah sebelum mencapai permukaan bumi disebut pluto, diambil dari nama Pluto, dewa dunia bawah Romawi. Batuan jenis ini disebut juga batuan beku plutonik atau batuan beku intrusif.

 

Ini adalah kebalikan dari batuan ekstrusif. Batuan yang mengelilingi pluto disebut batu negara. Atau dengan kata lain intrusi adalah proses magma menembus kerak bumi (litosfer), tetapi tidak sampai keluar dari permukaan bumi. Namun, intrusi magma menyebabkan permukaan cembung karena pengangkatan kerak bumi. Intrusi magma juga menyebabkan berbagai bentuk penampang gunungapi.

 

Tergantung pada jenis intrusi, itu dibagi menjadi berbagai jenis intrusi yang terjadi di bawah permukaan bumi. Jenis intrusi yang mirip dengan gambar, antara lain:

 

batholit

Batholith adalah batuan beku yang terbentuk di dapur magma sebagai akibat dari penurunan suhu yang sangat lambat. Atau dengan kata lain batholith adalah intrusi magma yang dekat dengan dapur magma. Pada gambar di atas tergambar pada nomor 1 yang menunjukkan letak formasi batuan beku mengikuti suatu intrusi yang disebut batholit.

 

lakolit

Lacolith adalah magma yang merembes di antara lapisan batuan sehingga menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sedemikian rupa sehingga tampak seperti lensa cembung, sedangkan permukaan atasnya tetap datar. Pada gambar di atas, ditunjukkan dengan angka 2.

 

batas

Sill adalah lapisan magma tipis yang merayap di antara lapisan batuan. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan angka 3.

 

diatermi

Diatreme adalah batuan yang mengisi saluran erupsi berbentuk silinder, mulai dari dapur magma sampai ke permukaan bumi. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan angka 4.

ketahui juga cara menulis kutipan langsung

Intrusi Korok

Korok atau pita intrusi merupakan hasil intrusi magma yang menembus lapisan litosfer dengan bentuk datar atau lempeng. Dan perbedaan intrusi korok dan sill adalah apakah sill merupakan batuan beku antara 2 lapisan batuan. Sedangkan jika intrusi korok merupakan batuan beku yang terbentuk oleh intrusi magma yang memiliki bentuk datar yang letaknya bersimpangan antar lapisan batuan.

 

apoli

Apolisa adalah sejenis magma intrusi bercabang tetapi lebih kecil atau bercabang yang ukurannya kecil atau biasa disebut urat magma.

 

Magma adalah batuan cair yang terletak di ruang magma di bawah permukaan bumi. Magma bumi adalah solusi kompleks dari silika suhu tinggi dan merupakan sumber dari semua batuan beku. Magma berada di bawah tekanan tinggi dan terkadang menyembur melalui ventilasi vulkanik dalam gaya aliran lava atau letusan gunung berapi.

 

Hasil letusan gunung berapi ini mengandung larutan gas yang tidak pernah sampai ke permukaan bumi. Magma terakumulasi di dapur magma yang telah diisolasi di bawah kerak bumi dan mengandung komposisi yang berbeda tergantung di mana magma berada.

 

Apa itu ekstrusi magma?

Ekstrusi magma adalah penetrasi magma dari perut bumi melalui kerak bumi dan mencapai permukaan bumi. Ekstrusi magma merupakan proses lanjutan dari intrusi magma yang belum sampai ke permukaan bumi. Dalam proses ekstrusi magma, berbagai material dikeluarkan dari perut bumi, seperti batuan, gas, lava, lava, belerang, nitrogen, karbon dioksida, dan uap air.

 

Ekstrusi magma menurut sifatnya

Ekstrusi magma menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

 

letusan erupsi

Erupsi letusan adalah jenis letusan kecil yang tidak menimbulkan ledakan karena tekanan gas dari dalam bumi terlalu kecil. Material yang dikeluarkan pada letusan ini hanyalah lava dan material padat lainnya. Lava adalah magma yang berupa cairan padat dan bercahaya dengan suhu yang sangat tinggi yang mengalir di permukaan bumi.

 

letusan eksplosif

Erupsi eksplosif adalah ruam yang menyebabkan letusan dan mengeluarkan banyak material dari perut bumi. Hal ini dikarenakan tekanan gas yang sangat kuat sehingga menyebabkan keluarnya material dari dalam bumi, baik cair maupun padat, dalam jumlah yang cukup banyak.

 

Ekstrusi magma berdasarkan bentuk

Ekstrusi magma berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:

 

ekstrusi pusat

Ekstrusi ini merupakan peristiwa keluarnya magma melalui satu saluran dan langsung dari pusat perut bumi membentuk pegunungan yang terisolasi namun cukup besar yang biasa disebut dengan gunung api. Contohnya adalah Gunung Krakatau dan Vesuvius.

 

ekstrusi linier

Ekstrusi linier adalah keluarnya magma dari perut bumi yang keluar melalui celah-celah di sepanjang rekahan, sehingga menyebabkan terbentuknya banyak gunung api kecil, biasanya kecil di sepanjang pegunungan yang retak, contoh ekstrusi linier adalah gunung berapi di sepanjang Jawa Barat dan gunung berapi Jawa Timur. Di Indonesia, ada beberapa jenis gunung yang sangat berpotensi meletus karena Indonesia berada di cincin api, yaitu perpotongan lempeng dunia.

 

daerah ekstrusi

Daerah ekstrusi merupakan lubang besar yang mengeluarkan magma ke permukaan bumi. Lubang yang sangat besar tersebut disebabkan oleh kedekatan permukaan bumi dengan dapur magma, sehingga tekanannya sangat kuat. Karena itu, magma menghancurkan dapur magma dan meleleh dari tanah. Contoh zona ekstrusi terdapat di kawasan Yellow Stone National Park di Amerika Serikat yang memiliki luas hampir 10.000 m2.