Tips Memilih Karpet Lantai Yang Tepat Untuk Ruangan

Tips Memilih Karpet Lantai Yang Tepat Untuk Ruangan

Barnswallowbabies –¬†Lantai yang dibiarkan tanpa pelapis atau dekorasi dapat terasa terangkat dan cenderung mudah dibersihkan. Namun sebaliknya, lantai yang halus akan terasa dingin dan keras, sehingga terkadang penghuni merasa tidak nyaman dan bosan.

Ada beberapa taktik untuk membuat lantai hunian lebih hangat dan menarik, salah satunya adalah dengan meletakkan karpet di lantai. Baca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat keset lantai dan alasan memasang keset lantai. Anda juga akan mendapatkan saran tentang cara memilih karpet yang tepat sesuai dengan bahan karpet, ruang tamu, dan bentuk karpet.

Manfaat Karpet lantai

Saat pertama kali melihat berbagai permadani bermotif di sebuah toko atau masuk ke dalam sebuah ruangan, yang biasanya terlintas di benak Anda adalah keindahan permadani dan fungsinya dalam dekorasi. Padahal, permadani memiliki lebih banyak fungsi dan manfaat dari sekedar menyejukkan ruangan dan menyegarkan mata. Pola dan warna karpet dapat membuat ruangan biasa menjadi lebih ceria, hidup dan menyenangkan bagi penghuninya.

Tikar juga dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan. Lantai ini dapat meminimalkan dampak saat penghuni jatuh, melindungi lantai dari goresan furnitur, dan memberikan perlindungan terhadap suhu rendah. Memasang karpet di lantai rumah juga bisa membantu mengurangi kebisingan. Tak heran jika banyak kantor dan hotel memasang karpet di ruang rapat, bukan?
Bagi Anda yang memiliki konsep hunian berkonsep terbuka, seperti model studio, penggunaan karpet bisa menjadi faktor pembeda. Misalnya, ruang makan ditandai dengan karpet berwarna terang, sedangkan ruang tamu ditandai dengan karpet berwarna gelap. Jadi, tanpa perlu memasang sekat ruangan yang mengurangi kelegaan, Anda bisa membuat perbedaan besar antar ruangan berkat pemasangan karpet di lantai.

Tips memilih Karpet lantai

Hampir semua ruangan di hunian dapat didekorasi dengan karpet. Hanya saja hal yang perlu diingat adalah bahan karpet yang Anda pilih harus sesuai dengan ruangan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih karpet terbaik untuk setiap ruangan.

1. Karpet anyaman untuk kamar tidur

Karpet pada kamar tidur memiliki beberapa fungsi, yaitu membantu mengontrol suhu ruangan, meredam suara, menghangatkan kaki dan memberikan rasa nyaman pada penghuni rumah. Pemasangannya bisa menutupi seluruh lantai ruangan atau hanya di tempat-tempat tertentu yang sering Anda pijakkan kaki ke lantai, seperti kolong tempat tidur dan meja rias.

2. Karpet Karet Ruang Bermain Anak

Warna dan motif karpet yang cerah akan memberikan nuansa baru pada ruang bermain anak. Jenis tikar karet yang digunakan di gimnasium cocok untuk ruangan ini. Fleksibilitas dan kelembutannya dapat mencegah luka dan cedera akibat terpeleset dan jatuh. Matras empuk ini akan sangat berguna untuk anak-anak yang aktif. Tikar karet juga dapat mengurangi kebisingan saat balita berlari dan melompat.

3. Karpet bulu untuk ruang tamu

Untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang berfungsi sebagai jantung rumah, karpet berukuran besar akan menyambut semua anggota keluarga dan orang-orang terkasih bersama-sama. Untuk penggunaan sehari-hari, karpet bulu lembut atau karpet rajut katun dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, ketika keluarga besar berkumpul, tikar rajutan besar yang terbuat dari pandan atau rotan harus digulung. Permadani tenun tradisional di Indonesia dikenal sebagai permadani, identik dengan kenyamanan dan kehangatan.

4. Karpet vinil untuk area dapur

Karpet vinil atau karpet vinil heavy duty cocok untuk dapur karena mudah dibersihkan dari noda lengket dan membandel. Anda bisa meletakkan keset ini di tempat biasa Anda berdiri, misalnya di depan area cuci piring.

5. Karpet anyaman untuk kamar mandi

Pada kamar mandi kering, keset biasanya diletakkan di wastafel dan toilet untuk menyerap percikan air agar kamar mandi tidak licin. Saat ini, ada banyak tikar yang dibentuk menjadi bentuk kaki toilet dengan berbagai bahan, termasuk kain. Sedangkan untuk area basah di kamar mandi, keset karet atau keset karet anti selip biasanya dibutuhkan agar Anda bisa berjalan dengan aman.

Sumber:

Rumarumi.com