Penjelasan Lensa Kontak Mata Permanen

Penjelasan Lensa Kontak Mata Permanen

Barnswallowbabies – Mengenakan lensa kontak biasa bisa merepotkan. Bagaimana jika kita bisa “memakai” lensa kontak permanen dan memiliki penglihatan yang sempurna?┬áDengan prosedur bedah yang disebut implantasi lensa kontak permanen (ICL), ini terjadi. Tentu saja, kebanyakan orang masih memilih untuk menjalani prosedur mata laser lainnya jika sesuai, seperti prosedur LASIK, TransPRK, atau ReLEx SMILE. Namun, jika Anda termasuk dalam kategori orang yang memiliki kelainan refraksi dalam (kurang dari 1000 hingga 2000 derajat per mata), ICL mungkin satu-satunya cara untuk membantu Anda mendapatkan penglihatan yang jelas tanpa alat bantu visual.

Memakai lensa kontak permanen mirip dengan memakai lensa kontak biasa. Tapi alih-alih dipakai di pagi hari, lensa kontak permanen ditanamkan di mata melalui operasi kecil, memungkinkan penglihatan sempurna pemakainya. Lensa Kontak Permanen Visian (Visian ICL) yang sesuai disetujui oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat dan dapat memperbaiki kesalahan refraksi seperti miopia.

Prosedur Pemasangan ICL Dilakukan

Sebelum prosedur ICL dimulai, dokter akan menggunakan obat tetes mata anestesi untuk membuat mata mati rasa dan meminimalkan ketidaknyamanan. Dokter kemudian akan membuat sayatan kecil di kornea mata. Karena lensa ini lembut dan dapat ditekuk, dokter Anda mungkin menggulungnya dan memasukkannya ke dalam mata Anda. Setelah dimasukkan, lensa akan meregang di sepanjang “alur”, ruang sempit antara iris dan lensa alami mata. Karena sayatannya kecil, luka akan sembuh secara alami tanpa perlu dijahit.

Prosedur pemasangan ICL dapat dilakukan secara rawat jalan dan biasanya hanya membutuhkan waktu 20-30 menit.

Siapa Yang Boleh Memakai Lensa Kontak Permanen (ICL)?

Penempatan ICL sangat cocok untuk pasien yang tidak dapat menjalani prosedur mata laser kornea, serta mereka yang menderita miopia, hiperopia, atau silinder tinggi.

Tidak dapat menjalani prosedur mata laser kornea

Beberapa alasan yang membuat seseorang tidak cocok untuk prosedur mata laser adalah:

  • Kornea Anda tidak cukup tebal
  • Anda memiliki bekas luka pada kornea (sering disebabkan oleh infeksi mata yang disebabkan oleh lensa kontak) atau luka pada kornea (trauma pada mata, dll.)
  • Dia memiliki permukaan kornea yang tidak teratur.
  • Menderita mata kering

Untuk salah satu alasan yang tercantum di atas, Anda mungkin tidak cocok untuk prosedur mata laser berbasis kornea. Oleh karena itu, ICL akan menjadi satu-satunya alternatif untuk mencapai visi yang jelas tanpa bantuan.

Memiliki rabun jauh, rabun jauh, atau silinder tinggi

Jika Anda menderita rabun jauh (miopia) dan/atau silinder hingga 1200 hingga 2000 derajat, Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya mengoreksi mata Anda menggunakan prosedur mata laser berbasis kornea. Alasan untuk ini adalah bahwa kornea Anda mungkin tidak cukup tebal dan ICL adalah satu-satunya pilihan Anda.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, atau memiliki riwayat penyakit mata seperti glaukoma, radang mata (iritis), dll., Anda mungkin tidak cocok untuk prosedur ICL atau prosedur mata lainnya di laser.

Kelebihan ICL

Tentu saja, keuntungan terbesar dari ICL adalah penglihatan yang jelas tanpa memerlukan alat bantu visual. Namun, bagaimana ICL dibandingkan dengan metode koreksi penglihatan lainnya? Seperti yang telah kami sebutkan, ICL seringkali merupakan prosedur cadangan, dipilih sebagai upaya terakhir jika Anda tidak cocok untuk prosedur lain.

Tidak menyebabkan mata kering adalah salah satu manfaat yang dapat Anda nikmati setelah prosedur ICL. Prosedur ICL memasukkan lensa ke dalam mata tanpa mengubah bentuk jaringan kornea, mengurangi efek samping mata kering yang disebabkan oleh kerusakan saraf kornea.

Keuntungan lain dari prosedur ICL (yang masih bisa diperdebatkan) adalah tidak permanen. Dengan kata lain, Anda mungkin menjalani operasi terpisah untuk mengeluarkan lensa buatan yang dimasukkan ke mata Anda. Namun, tidak ada gunanya jika Anda memilih untuk menjalani prosedur yang sama untuk kedua kalinya dan membatalkan apa yang telah dicapai sebelumnya, yaitu visi yang jelas!

Efek samping ICL

Seperti halnya prosedur medis lainnya, ICL memiliki risikonya sendiri. Secara umum, ICL adalah prosedur yang lebih berbahaya daripada prosedur mata laser lainnya karena ICL lebih invasif dan lokasi pembedahan lebih dalam. Berikut adalah beberapa risiko umum yang terkait dengan ICL:

1. Anda lebih mungkin mengalami katarak dini

Lensa ICL ditempatkan di ruang kecil antara iris dan lensa alami. Untuk alasan ini, ada risiko bahwa ICL akan bergesekan dengan lensa alami Anda dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan pembentukan katarak dini.

2. Risiko glaukoma akan meningkat jika Anda telah menjalani prosedur ICL

Sekali lagi, ini karena penempatan lensa ICL di ruang sempit di dalam struktur mata. Lensa yang dimasukkan secara artifisial dapat memblokir aliran darah ke bola mata, menyebabkan peningkatan tekanan mata. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penyakit mata yang disebut glaukoma, yang dapat merusak saraf optik dan bahkan menyebabkan kebutaan.

3. Prosedur ICL membawa risiko infeksi internal

Tidak seperti prosedur laser lainnya, dokter mata Anda harus mengoperasi bagian dalam mata untuk memasukkan lensa ICL. Infeksi internal (disebut endophthalmitis), kebutaan karena hilangnya sel-sel kornea, atau robekan dan pelepasan retina dapat terjadi. Sangat jarang, tapi bukan berarti tidak bisa terjadi. Karena tidak ada cukup sel darah putih di bola mata untuk melawan infeksi, infeksi jenis ini berpotensi sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan Anda menjadi buta.

Referensi:

Kacamata Ionspec